Menumbuhkan Harapan di Tengah Keterbatasan pada Etape BBN Madura Pulau Gili Iyang

Jumat malam tepatnya pukul 00.00 kami para Relawan Bakti Bagi Negeri berkumpul di meeting point, Telkom Ketintang bersiap-siap untuk membagikan 1200 buku di kepulauan Madura. Kami dibagi menjadi tiga tim, dua tim yang menuju Pulau Gili Genting akan membagikan 500 buku ke SDN 1 Aenganya, 450 buku untuk SDN 1 Gedungan, dan satu tim lainnya menuju Pulau Gili Iyang untuk 250 buku ke SDN 3 Bancamara.

Perjalanan dari dermaga Dungkek ke Pulau Gili Iyang
Perjalanan dari dermaga Dungkek ke Pulau Gili Iyang

Kebetulan saya, Sheena, Renny, Najib, Bima, berada dalam tim yang akan ke SDN 3 Bancamara, Gili Iyang dibantu dengan support Pak Okin dan Firman. Dermaga untuk ke Gili Iyang berada di Desa Dungkek, berbeda dengan dermaga Saronggi yang menuju ke Gili Genting. Kami tiba di Dungkek sekitar jam 8 kurang, loading barang ke kapal Pak Aziz yang akan mengantar kami ke Pulau Gili Iyang yang merupakan pulau kaya akan Oksigen.

persiapan menaiki Odong-odong
persiapan menaiki Odong-odong

Setiba di sana kami disambut oleh Pak Rohim dan Pak Lis yang merupakan guru SDN 3 Bancamara. Perjalanan ke Bancamara cukup jauh sehingga kami menggunakan transportasi khas setempat, odong-odong, begitu warga Gili Iyang menyebutnya. Dapat dibayangkan bagaimana bergetarnya badan kami saat diatas kendaraan tersebut.

Win5

Tiba di SD 3 Bancamara perasaan senang dan haru seketika menyelimuti perasaan kami, karena mulai dari Kepala Sekolah hingga orangtua murid menyambut kami dengan hangat. Pak Achmad Bati selaku Kepala Sekolah sengaja mengundang orangtua murid, karena peran orangtua sangat penting dalam mendidik anak, bukan hanya guru yang bertugas mendidik anak, tapi guru dan orangtua perlu bersinergi untuk pendidikan anak-anak di negeri ini, Indonesia.

Tim Relawan BBN SDN 3 Bancamara
Tim Relawan BBN SDN 3 Bancamara

Pulau Gili Iyang belum dilewati oleh jalur listrik yang disediakan oleh PLN, sehingga warga memanfaatkan genset atau tenaga surya termasuk di SDN 3 Bancamara. Murid di SDN 3 Bancamara hanya berjumlah 48 siswa dari kelas 1 hingga 6. Dengan antusias adik-adik tersebut mengibarkan bendera Merah Putih yang telah kami bagikan sebagai alat untuk menarik perhatian adik-adik agar lebih kondusif, Kelas Merah Putih pun dimulai dengan pemberian sambutan dan motivasi oleh Pak Bati dan perwakilan BBN yaitu Mas Najib.

Win118
Penyerahan bantuan

Selain penyerahan 250 buku, alat-alat olahraga dan penyampaikan materi mengenai Internet Positif dan Pentingnya Membaca, kami mengadakan banyak kuis dan permainan. Banyak sekali adik-adik yang antusias untuk maju kedepan karena tertarik akan hadiah yang kami berikan. Kami meminta seorang murid untuk maju ke depan, tapi yang datang malah seluruh siswa yang duduk dalam sebaris  meja, sampai kami kewalahan mengatur adik-adik lucu ini.

Win21
Keseruan kelas merah putih

Untuk mendorong adik-adik murid SDN 3 Bancamara ini agar senang membaca buku, mereka diminta untuk menuliskan cita-cita mereka di stiker yang telah kami bagikan satu persatu. Selanjutnya stiker tersebut akan ditempelkan setinggi-tingginya oleh adik-adik di Dinding Asa yang telah kami siapkan. Cita-cita mereka perlu didorong dengan salah satu cara yaitu rajin membaca buku, maka kami pun menyiapakan dinding komitmen yang berisi cap tangan adik-adik mungil ini sebagai komitmen membaca buku untuk seterusnya.

Win14
Menempelkan stiker bertuliskan cita-cita pada dinding asa

Tak terasa waktu sudah menunjukkan hampir jam 11, waktu harus memisahkan kami dengan adik-adik lugu dan lucu ini, sedih rasanya harus berpamitan dengan guru-guru, adik-adik dan para orangtua. Tidak lupa sebelum benar-benar meninggalkan lokasi kami berfoto bersama sebagai kenangan. Rindu rasanya melihat senyuman mereka lagi. Tidak sabar rasanya untuk merencanakan etape selanjutnya, melanjutkan pencapaian setengah juta buku untuk anak-anak di Indonesia.

Berfoto bersama sesuai rangkaian acara
Berfoto bersama sesuai rangkaian acara

 

Tulisan Oleh Syadwina Mahyani

Foto : Tim dokumentasi Etape BBN Kep Madura

Leave a Reply