Sekar BBN Sentuh Anak-Anak SD di Majene & Mamasa

Gab_2_BBNDeputi GM UCS-7 KTI, Andi Muflihuddin, bersama Ketua Sekar DPW-7 KTI, Ahmadi, melepas Tim Relawan BBN ke Kabupaten Mamasa dan Majene, Jumat (7/9), di kantor Telkom Regional-7 KTI Makassar. Kegiatan bertujuan guna membantu anak Indonesia di pelosok tanah air, mendapatkan informasi dan edukasi melalui buku-buku yang layak serta bahan bacaan yang berkualitas.

Ketua Sekar DPW-7 KTI, Ahmadi, bersama Ketua Sekar BBN Nasional, Eyen Ekayatri, Ketua Sekar DPD Sulsel 2, Enos Pirade, Wakil Sekretaris DPW 7 KTI yang juga selaku Pengarah BBN, Happy Yanuwarso, bersama 6 relawan lainnya, yaitu Kepala Telkom Majene, Joni Riba, Reg.CommKTI, Jaka Indrawan, DIVA Parepare, Muhammad, CS Parepare, Sulaiman Sabang, dan Korlap Tim #EtapeBBN, Asrul Sani, mereka mendampingi tim relawan mendonasikan 6000 buku ke 12 lokasi SD, 10 SD di antaranya berada di daerah Majene dan 2 SD di daerah Mamasa, selama dua hari penuh.

Tim menempuh 10 jam perjalanan darat yang melelahkan dari Makassar, Sulawesi Selatan, menuju Majene di Sulawesi Barat, yang akan menjadi titik awal relawan SekarBBN melanjutkan tugasnya, mendonasikan buku.

Menurut Ahmadi, Sekar Telkom memiliki peran penting dalam proses pengadaan, distribusi, dan penyediaan setengah juta buku di setiap perpustakaan sekolah, di pelosok. Buku-buku baru yang didonasikan tersebut, terkumpul dari sumbangan dana sekitar 4000 pegawai Telkom di seluruh Indonesia yang mencapai 500 juta rupiah. 

Ahmadi menyampaikan Program BBN merupakan kolaborasi Indonesia Muda Mengajar dengan Sekar Telkom. Tujuan Sekar BBN sejalan dengan motivasi lembaga independen Indonesia Mengajar (IM). Oleh karena itu, Sekar BBN bekerja sama dengan IM mendistribusikan dan mengoptimalkan pemanfaatan buku-buku yang disumbangkan, melalui tangan Pengajar Muda (PM) ke sejumlah lokasi yang jarang tersentuh.

Sebelumnya, berlangsung pemasangan rompi dan penyerahan buku secara simbolis oleh Deputi GM UCS-7 KTI bersama senior leaders Telkom KTI lainnya, di antaranya GM NWS Flexi, Manager Modern ChannelUCS-7, OM Communication KTI, Manager ESA-5, dan Manager CS Area Makassar, kepada seluruh Tim BBN, di akhir acara pelepasan.

Bantuan Tepat Guna

SDN Inpres 29 Totolisi menjadi tuan rumah acara simbolis penyerahan 6000 buku dari SekarBBN, Sabtu (8/9), yang juga bertepatan dengan Hari Aksara Internasional. Turut hadir pada acara ini Camat Sendana, Bapak Busri, Danramil Wahyudi, Kepala Sekolah beserta para guru dan sekitar 100 siswa siswi SD Inpres 29 Totolisi.

Menurut seorang PM, Ima, niat dan motivasi para PM yang tulus dan baik untuk mendidik anak-anak SD di lokasi sekolah mereka masing-masing, diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang baik, apalagi jika ada bantuan pihak-pihak lain yang dapat membantu kegiatan mereka, seperti yang dilakukan SekarBBN.

Jenis bantuan yang diberikan sangat pas dan bermanfaat sekali, karena buku juga merupakan salah satu hiburan yang berharga buat mereka,” tuturnya. 

Majene merupakan lokasi ke-6 yang terpilih dalam kegiatan SekarBBN yang memiliki tujuan mulia, yaitu ikut membantu mencerdaskan kehidupan anak-anak Bangsa Indonesia dengan cara membuka wawasan dan meningkatkan minat baca anak-anak terutama yang berada pada tingkatan sekolah dasar.

GabBBN_1Andi Muflihuddin berharap melalui program BBN Telkom di KTI tetap eksis dalam membantu mencerdaskan anak Indonesia yang berada di seluruh pelosok tanah air. Ia juga menyatakan Manajemen Telkom KTI sangat mendukung program BBN. Menurutnya kegiatan ini menjadi bukti kepedulian Telkom KTI terhadap lingkungan dan kemanusiaan. Selain itu, menurutnya kegiatan ini sangat berpengaruh positif terhadap kinerja jajaran Telkom.

Ini sangat positif untuk kinerja secara tim dan menjadi dasar untuk tetap menjaga kekompakan di semua lini unit bisnis agar Telkom tetap jaya,” imbuhnya.

Eyen Ekayatri menambahkan, tujuan pemilihan tingkat pendidikan sekolah dasar sebagai sasaran donasi, dinilai lebih efektif. 

Anak-anak lebih dapat merespon perubahan, mereka cenderung dapat belajar dengan cepat dan lebih mudah untuk dibentuk ketimbang orang-orang dewasa” jelasnya.***Comm KTI_red07

Leave a Reply