BBN Kembali Salurkan 1800 Buku untuk Anak Banten

bbn_banten1Serikat Karyawan (Sekar) Telkom melalui program Bakti Bagi Negeri (BNN) memberikan bantuan sebanyak 1800 buku pada SDN 2 Mayak, Curug Bitung, Banten, Kamis (17/5). Penyerahan buku yang bertajuk “Gerakan Setengah Juta Buku untuk Anak-anak Indonesia” itu bertepatan dengan Hari Buku Nasional.

BBN merupakan program Sekar Telkom yang berkontribusi dengan memberi bantuan penyediaan buku-buku bacaan di sekolah dasar yang berada di pelosok negeri maupun wilayah terpencil. Program ini adalah wujud kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dikukuhkan TELKOM dalam bentuk Telkom Peduli. Selain terdiri dari pengurus Sekar Telkom dan sejumlah relawan BBN, kegiatan ini juga bekerjasama dengan para Pengajar Muda (PM) dari Program Indonesia Mengajar. Para PM inilah yang kemudian menjadi jembatan antara Sekar dengan pihak sekolah.

Kedatangan Sekar ke sekolah itu disambut hangat oleh seluruh siswa dan guru. Bahkan. para siswa sengaja menampilkan sejumlah kesenian tradisional, di antaranya permainan angklung dan pencak silat. Bantuan berupa buku-buku baru tersebut diserahkan pada Kepala Sekolah SDN 2 Mayak, Godzali, dan UPT Pendidikan Curug Bitung, Enang. Baik Godzali maupun Enang, menyampaikan terima kasih atas kepedulian Sekar Telkom yang difasilitasi oleh PM Indonesia Mengajar, dalam hal ini Eko Budi Wibowo. Menurut Godzali, program BBN dan Indonesia Mengajar merupakan program yang memiliki gagasan nyata untuk membawa kemajuan bagi masyarakat di pelosok negeri.

Godzali menuturkan, semoga kedatangan tim BBN Sekar Telkom kali ini bukanlah yang terakhir. Mereka berharap, Sekar Telkom akan terus mendorong dan mengupayakan penyediaan buku bacaan anak-anak. Pada kesempatan yang sama, Sekjen Sekar Telkom, Asep Mulyana menyatakan, Telkom sebagai satu-satunya BUMN yang bergerak di bidang Telekomunikasi telah mempunyai program kepedulian lingkungan dan masyarakat yang dananya bersumber dari penyisihan sebagian keuntungan usaha.

bbn_banten2Penyerahan bantuan ini memang bukan yang pertama. Sebelumnya bantuan buku juga telah diserahkan pada sejumlah SD di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, pada 23 April lalu. Hingga saat ini tercatat sebanyak 3.297 buku yang telah disebarkan ke sejumlah sekolah. Bantuan buku-buku pelajaran ini tidak hanya ditujukan bagi SDN 2 Mayak saja, tetapi juga sejumlah SD yang menjadi target program Indonesia Mengajar, seperti SDN 2 Pasir Haur Cipanas, SDN 1 Sangiang Jaya Cimarga, SDN 1 Lebak Situ Lebak Gedong, SDN 1 Mekarwangi Muncang, dan SDN 1 Margaluyu Sajira yang tersebar di Kabupaten Lebak, Banten.

Sementara itu, Sekar Telkom menyatakan optimistisnya untuk terus mendapatkan donatur yang setiap harinya terus mengalir. Saat ini tercatat sebanyak 1827 donatur yang siap merealisasikan kelangsungan program ini, dengan total dana sebesar Rp193.770.819,-.

“Mudah-mudahan atas ijin Tuhan Yang Maha Esa, lokasi-lokasi terpencil lainnya akan dapat kami cover, antara lain sekolah di wilayah Sangihe Sulawesi, Pulau Bawean di Gresik, Bengkalis di Sumatera, Fak-fak di Papua dan masih banyak lagi,” kata Asep.***Sihmunadi, diedit oleh Abdul Karim & Eyen_red06

Leave a Reply