Bakti Bagi Negeri Realisasikan Bantuan Perdananya di Paser

sekjen DPP menyerahkan bantuan ke salah satu Kepsek

Program Bakti Bagi Negeri (BBN) yang digagas Sekar Telkom melalui gerakan 1/2 Juta buku untuk anak yang berada di kantong kemiskinan dan pelosok tanah air, merealisasikan bantuan perdananya berupa pengiriman 1500 buah buku baru untuk 10 SDN di Kabupaten Paser, Kaltim, pada 23 April lalu. Hadir diantara tim relawan BBN, Sekjen DPP Sekar Telkom, Asep Mulyana bersama Kabid Kesibo DPP, Dedy Ristanto selaku salah satu pengarah BBN. Selain itu hadir juga dari DPW VI, Ketua DPW, Arief Hidayat dan Wakil ketua DPW merangkap Steering Committe BBN, Abdul Karim, SC BBN, Atik Masyani, Ketua Relawan BBN Nasional, Eyen Ekayatri, dan Khairul Anam dari DPD Infratel Balikapan.

Selain buku baru untuk anak-anak Paser yang haus ilmu, diserahkan pula 11 buah buku spesial untuk 10 orang Pengajar Muda. CDC Regional Kalimantan pun berkontribusi dengan memberikan 10 rak buku untuk 10 sekolah tersebut. Sebelumnya, ada 186 buku dari gerakan gemar membaca DPW Kalimantan.

Ide gerakan ½ juta buku ini berawal dari gerakan rakyat bernama Indonesia Mengajar (IM) pimpinan Anies Baswedan yang merekrut sejumlah sarjana terbaik untuk dikirim sebagai tenaga pendidik ke seluruh pelosok negeri dengan nama Pengajar Muda. Jumlah mereka terbatas, demikian juga lokasi-lokasi yang dibantu pun, masih terbatas. BBN menyasar program yang sudah dibantu oleh IM, salah satu alasannya adalah adanya kesamaan kriteria dalam memilih pihak yang akan dibantu. Alasan kedua karena bantuan dari IM berupa tenaga pengajar masih perlu dilengkapi dengan buku-buku untuk perpustakaan di masing-masing SDN.

Sampai saat ini baru ada di 16 Kabupaten di Indonesia, termasuk di dalamnya Kabupaten Paser Kaltim yang tersebar di 4 Kecamatan, yaitu Kecamatan Tanah Grogot (SDN 015, SDN 018, SDN 032), Kecamatan Long Kali (SDN 05, SDN 019, SDN 020), Kecamatan Tanjung Harapan (SDN 01, SDN 02, SDN 05 dan Kecamatan Paser Balengkong (SDN 06). Di sepuluh SDN tersebut ditempatkan 10 orang Pengajar Muda.

Adapun pendanaan untuk program ini didapatkan BBN dari anggota Sekar Telkom dan donatur, juga melalui event-event khusus. Misalnya pada kegiatan Funbike 17 Maret 2012 dalam rangka HUT Sekar Telkom di Bandung, uang pendaftaran para peserta funbike disisihkan untuk BBN sebesar Rp 5.000,- Dari kegiatan tersebut, BBN mendapat bantuan dana sekitar Rp 15 juta dari anggota.

Direncanakan Sekar Telkom bekerja sama dengan HR Center dan IS Center akan meluncurkan program pengumpulan dana dari anggota melalui pemotongan gaji payroll secara suka rela, dengan besaran yang telah ditentukan. Aplikasinya sudah disiapkan dan akan segera diluncurkan melalui Portal Telkom di Menu Pojok Info, setelah proses validasi dan trial selesai dilaksanakan.

IMG_7054Anggota Sekar Telkom yang bersedia menjadi donatur dapat mengisi form aplikasi online di Portal yang nantinya menjadi dasar bagi HR untuk melakukan pemotongan gaji. Diharapkan banyak karyawan Telkom yang akan berpartisipasi dalam program ini. 

Event Rantau Panjang ini adalah event perdana BBN. Bila dihitung secara kuantitas jumlah buku yang telah direalisasikan baru mencapai 0.3%, masih panjang jalan yang akan ditempuh untuk mewujudkan big dream ½ juta buku, namun percayalah bahwa hal itu dapat diwujudkan.

Leave a Reply