BBN Buka Jendela Dunia di Bawah Langit Tambora

tambora1

Sekar Telkom melalui gerakan Bakti Bagi Negeri (BBN) menyalurkan donasi 5.643 buku bacaan baru di sembilan Sekolah Dasar di wilayah kabupaten Bima. Kegiatan penyaluran kepada 4 SD yang berlokasi di kecamatan Tambora, 2 SD di Kecamatan Langgudu, 1 SD di kecamatan Lambu, 1 SD di kecamatan Parado, dan 1 SD di kecamatan Sape, dilakukan sejak tanggal 26 Februari 2013 sampai dengan tanggal 1 Maret 2013.  

Ketua DPP Sekar NTB Fathul Himni mengatakan bahwa etape ke-10 BBN di Bima merupakan etape permulaan di tahun 2013 dan sengaja dijadwalkan agar bertepatan dengan hari ulang tahun Sekar Telkom yang ke-13.  

BBN merupakan gerakan sosial dan dinaungi oleh Sekar Telkom. BBN sudah dimulai sejak tahun 2012, dan bertujuan untuk menyalurkan sampai dengan setengah juta (500.000) buku-buku bacaan baru ke SD di area-area yang jarang tersentuh atau terpelosok di seluruh Indonesia. Penyaluran buku dibagi ke dalam etape-etape yang terjadwal. Setiap etape dibantu oleh beberapa relawan dan seorang kordinator lapangan yang bertanggung jawab dalam proses penyaluran buku sampai ke tujuan. 

Fathul menjelaskan, “Apa yang kami lakukan dengan BBN mungkin bukanlah sesuatu yang besar, tapi kami harap hal ini akan memiliki dampak yang besar, khususnya dalam hal membantu proses mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan cara membuka wawasan generasi muda, melalui membaca buku yang merupakan sumber ilmu ataupun jendela dunia, hal ini juga sejalan dengan salah satu komitmen perusahaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui bidang ICT”.

tambora3

Relawan BBN pada tiap etape bekerja tanpa dibayar, BBN hanya membantu biaya operasional penyaluran dari lokasi pemaketan buku yang terdekat ke sekolah tujuan, biaya tersebut disisihkan dari sebagian kecil hasil donasi yang masuk.  

Sementara itu Ketua BBN Sekar Telkom, Eyen Ekayatri menjelaskan, ”Misalnya pada etape ke-10 di Bima, karena lokasi SD paling banyak berada di kecamatan Tambora, maka kami melakukan pemaketan buku dari Mataram lalu diangkut lewat darat menuju Tambora. Penyaluran dari Mataram ke Tambora biaya-nya relative tidak terlalu mahal dan ini juga untuk mengakomodir supaya biaya yang ditanggung oleh relawan tidak terlalu mahal, mengingat dari total 11 Relawan pada etape Bima ini, terdapat beberapa relawan yang berasal Lombok, Bandung, Surabaya, Makassar, serta Kupang”.

Total jumlah buku yang telah disalurkan BBN sampai dengan saat ini sebanyak 42.254 buku, disalurkan ke 91 SD dan terbagi dalam 10 etape penyaluran. Adapun sebelum Kabupaten Bima, BBN telah menyalurkan buku-buku baru ke 9 lokasi lainnya, yaitu Kabupaten Paser-Kaltim, Kabupaten Lebak-Banten, Kabupaten Kepulauan Sangihe-Sulut, kabupaten Maluku Tenggara Barat-Maluku, Kabupaten Tulang Bawang Barat-Lampung, Kabupaten Majene-Sulbar, pulau bawean kabupaten Gresik-Jatim, Kabupaten Kepulauan Bengkalis-Riau, kabupaten Rote Ndao-NTT.

tambora2

Saat ini, selain mengevaluasi masukan dan usulan dari berbagai pihak terkait penentuan lokasi SD yang nantinya akan menerima penyaluran buku hasil donasi, BBN juga bekerjasama dengan Indonesia Mengajar [IM]. Buku-buku baru yang sudah terkumpul dihantarkan dan diserahkan secara langsung ke lokasi tempat pengajar-pengajar IM. dan pengajar-pengajar berusia 20-an tersebut yang nantinya membantu pemanfaatannya di lokasi.

Donasi yang dikumpulkan oleh BBN sampai dengan saat ini baru berasal dari karyawan Telkom di seluruh Indonesia, donasi tersebut kemudian dikelola oleh BBN menjadi buku-buku bacaan baru, yang akhirnya disalurkan oleh Relawan BBN ke tujuan. 

“Kami yakin banyak pihak diluar sana yang juga memiliki niat mulia untuk membantu bangsa Indonesia, oleh karena itu sekarang kami juga membuka kesempatan kepada semua pihak untuk bekerjasama dengan kami, bisa dilakukan dengan melakukan donasi melalui rekening kami di Bank Mandiri atas nama Sekar Telkom Bakti Bagi Negeri Nomor Rekening 131-00-105-4545-9. Berapapun jumlahnya pasti kami terima dan akan kami kelola sebaik mungkin, dan Informasi terkait kegiatan gerakan ini, kami usahakan selalu di update melalui website BaktiBagiNegeri.org ataupun akun twitter @BaktiBagiNegeri.” pungkas Eyen.

Total 11 Relawan ikut serta dalam Etape BBN Bima kali ini, mereka adalah Fathul Himni (Ketua DPD Sekar NTB – Sumbawa), Eyen Ekayatri (Ketua BBN Sekar Telkom – Makassar), Raditya Dwipayana (KorLap Etape BBN Bima – Kupang), Silvy Indriani (Surabaya),  Ledy Lestari (Bandung), Happy Yanuarso (Makassar), Attar (Sumbawa), Nyoman Subratha (Mataram), Suhaedi (Mataram), Syarifuddin (Mataram), dan Jaka Indrawan (Makassar).

Sesuatu yang besar terkadang berasal dari hal-hal kecil, “demi Indonesia untuk Indonesiaku, tak ada kata tuk berhenti.”

Leave a Reply