5000 Buku BBN Sentuh Perbatasan Indonesia-Malaysia

BBN BengkalisTim Bhakti Bagi Negeri (BBN) diwakili Kabid OKK DPP Sekar Telkom, Teguh Herman Prasongko, Ketua DPD Riau, Yenny Pietris Anna, dan Ketua BBN, Eyen Ekayatri, menyerahkan 5000 buku untuk 10 SD di Kabupaten Bengkalis, Riau.

Sepuluh SD yang mendapat bantuan buku, yaitu SDN 06 Sungai Cingam Rupat, SDN 06 Kadur Rupat Utara, SDN 28 Pangkalan Nyirih Rupat, SDN 06 Bantan Tengah Bantan, SDN 32 Selat Baru Bantan, SDN 38 Sekodi Bengkalis, SDN 25 Bantan Air Bantan, SDN 10 Titi Akar Rupat Utara, SDN 57 Ketam Putih Bengkalis, dan SDN 04 Titi Akar Rupat Utara.

Penyerahan buku berlangsung di SDN 38 Sekodi dan disaksikan Kepala Bidang Pendidikan Disdik Kabupaten Bengkalis, Kepala Desa Sekodi, para Pengajar Muda (PM) Gerakan Indonesia Mengajar, dan masyarakat setempat. 

Untuk mencapai Kabupaten Bengkalis, Tim BBN menempuh perjalanan darat sekitar 4 jam dari Kota Pekanbaru menuju Kabupaten Siak, membelah kawasan perkebunan kelapa sawit dengan kondisi jalan yang sebagian besar rusak parah akibat terendam air. Dari Kabupaten Siak, perjalanan dilanjutkan menggunakan kapal penyeberangan selama 1 jam ke Kabupaten Bengkalis. Perjalanan berakhir di Desa Sekodi setelah menempuh perjalanan darat lanjutan sekitar 3 jam.

Di tengah perkebunan kelapa sawit dan beberapa kilang minyak dengan pendapatan tahun anggaran 2011 yang mencapai Rp 3.5 Triliun, hidup masyarakat miskin yang minim pendidikan serta infrastruktur akses jalan yang kurang memadai. Bahkan, SDN 38 Sekodi sebagai tempat penyerahan simbolis buku menunjukkan ruang kelas yang kurang layak karena tidak ada pembatas antar kelas, dan halaman sekolah yang digenangi air. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat anak Bengkalis untuk belajar. 

Kelas tanpa pembatas kadang membantu proses belajar mengajar karena kurangnya tenaga pengajar, sehingga semua kelas harus digabungkan untuk diajar satu tenaga pengajar, genangan air di halaman sekolah pun menjadi bahan candaan. 

Dengan diselesaikannya etape ke-8 di Bengkalis, menambah jumlah buku yang telah didistribusikan menjadi sekitar 31.000 buku dari total 120.000 buku yang ditargetkan untuk tahun 2012. BBN mengakui pencapaian tersebut masih jauh dari target, namun BBN yakin dengan dukungan seluruh elemen Telkom, target dapat dicapai. 

Teriakan “Terima Kasih Telkom Indonesia” mengantarkan perjalanan pulang Tim BBN Sekar Telkom ke Kabupaten Siak, meninggalkan Kabupaten Bengkalis sebagai salah satu daerah perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia. ***timBBN_red07

Leave a Reply