Relawan BBN Tebar Buku ke Pelosok Desa di Deli Serdang

bbn-medan1Relawan Bakti Bagi Negeri (BBN) Medan menebar buku-buku baca ke pelosok Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (18/3). Buku-buku yang ditebar Tim Relawan BBN ini berupa buku cerita, buku pengetahuan dan buku pelajaran baik baru maupun bekas namun masih laik dibaca yang disumbangkan para anggota Serikat Karyawan (Sekar) Telkom.

Sedangkan dua sekolah yang sudah disurvei dan layak mendapat sumbangan buku-buku tersebut yaitu SD Negeri 101865 Desa Bintang Meriah, Kecamatan Batang Kuis dan Yayasan Perguruan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Maidah Kotasan Kecamatan Galang di Kabupaten Deli Serdang.

Ketua Tim Relawan BBN, Winda Novita berharap buku-buku yang disumbangkan ini diharapkan bermanfaat untuk menambah pengetahuan para anak didik di sekolah. Ia mengungkapkan para Guru juga bisa membaca buku pengetahuan untuk menambah wawasan.

Sementara Iqra Prasetia Rahadi Putra, Relawan BBN lainnya menambahkan, meski pesannya agar disampaikan ke sekolah di suatu pulau atau yang berda di perbatasan, namun sekolah yang disasar Relawan BBN Medan tidak jauh berbeda.

“Letaknya jauh dari pusat kota, keluar masuk desa dengan jalan tanah yang berlubang,” terangnya.

Perhatian Telkom melalui gerakan setengah juta buku untuk anak-anak Indonesia ini mendapat apresiasi kedua Kepala Sekolah. “Terima kasih Telkom telah mendukung program membangun kecerdasan anak bangsa.Buku-buku yang kita terima dari Relawan BBN ini akan menambah perbendaharaan buku di perpustakaan,” sebut Kepala Sekolah SD Negeri 101865 Desa Bintang Meriah, Poniran.

Kades Bintang Meriah Bambang Hartoko yang ikut hadir dalam penyerahan buku sumbangan melalui Relawan BBN mengingatkan kepada para siswa dan siswi agar menggunakan buku tersebut untuk dibaca. “Gunakan yang baik dan jangan dicoret-coret karena buku ini untuk seluruh siswa di sekolah ini,” pesannya.

Sementara Kepsek Yayasan Perguruan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Maidah Kotasan, Rasmanto Purba, S.Pdi tidak menyangka kalau bantuan diberikan sangat singkat, hanya berselang dua minggu sejak dihubungi kemarin. “Biasanya kalau bantuan dari BUMN atau dari pihak lainnya membutuhkan waktu 3 hingga 6 bulan baru terealisasikan,” ungkapnya.

Buku-buku ini sangat bermanfaat untuk para anak didik. Guru juga bisa membaca buku-buku pengetahuan untuk menambah wawasannya.

Sasaran Relawan BBN ke Deli Serdang sangat tepat. Program BBN dalam gerakan setengah juta buku untuk anak-anak Indonesia sejalan dengan program CERDAS yang sudah digelorakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang.

CERDAS (PerCEpatan Rehabilitasi Dan Apresiasi Sekolah) merupakan program Pemkab Deli Serdang untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, berkarakter, dan berwawasan lingkungan untuk mnghasilkan SDM Deli Serdang yang kompetitif dan mampu bersaing di era global bersama Pemerintah, partisipasi masyarakat dan dukungan sektor swasta. ***imansus/ agusp_red09

Leave a Reply